Tips Sukses

3 Cara Untuk Sukses Sebagai Pemilik Bisnis Kecil


Memulai usaha sendiri adalah salah satu upaya paling menguntungkan yang dapat Anda jalankan. Terkadang memulai usaha sendiri terasa mustahil karena ada begitu banyak hal yang harus dilakukan untuk memulai, mengembangkan, dan mempertahankan kelangsungan usaha Anda. Bagi Anda yang telah memulai bisnis Anda sendiri - selamat! Anda memiliki potensi untuk menciptakan penghasilan jangka panjang untuk diri Anda sendiri dan keluarga Anda. Untuk menjaga agar bisnis Anda tetap sukses dan kompetitif, sangat penting untuk mempelajari apa yang dicari pelanggan Anda. Dengan begitu banyaknya pilihan yang ada di pasaran, jadikan bisnis Anda lebih mudah untuk ditemukan, permudahkan customer untuk membeli dari Anda dan agar customer Anda merasa dihargai, sehingga Anda mendapatkan keunggulan dibanding dengan kompetitor Anda.


#1 - KONSISTEN DENGAN MARKETING ANDA

Jika Anda ingin seorang customer membeli dari bisnis Anda, pertama-tama mereka harus tahu bisnis tersebut ada. Dan jika Anda ingin customer menjadi customer tetap, Anda harus memberikan perhatian lebih kepada mereka. Sehingga para customer Anda akan berpotensi untuk membeli dari Anda daripada kompetitor. Jangan lupa untuk selalu menjaga komunikasi dengan customer untuk terus meningkatkan kemungkinan pembelian. Cara paling efektif untuk tetap berkomunikasi dengan customer Anda adalah dengan sering berbagi update terbaru diri Anda, bisnis Anda, dan berbagi promosi dan testimoni dari customer yang puas. Ini hanya beberapa ide yang dapat Anda terapkan untuk membuat konten pemasaran Anda. Apa pun yang Anda pilih untuk dibagikan, pastikan hal tersebut berkaitan dengan produk atau layanan yang Anda miliki dan mencerminkan bisnis Anda.

Pengalaman bisnis, kegemaran Anda terhadap bisnis yang Anda jalankan, serta alasan mengapa Anda melakukan bisnis tersebut, dapat menjadi konten yang menarik untuk Anda bagikan. Anda dapat berbagi tentang ilmu dibalik produk Anda, tentang bagaimana Anda mendapatkan ide untuk menjalankan bisnis Anda sendiri, atau bagaimana Anda menghadapi tantangan bisnis Anda. Semakin banyak wawasan yang Anda berikan untuk bisnis dan produk Anda, semakin banyak kredibilitas dan kepercayaan yang akan Anda dapatkan dari audiens Anda. Kepercayaan dan kredibilitas adalah faktor penting dalam mengubah lalu pengunjung website menjadi customer yang berbelanja.

OTOMATISKAN KEGIATAN PEMASARAN ANDA

Dalam pemasaran, menjadi konsisten adalah tantangan untuk bisnis besar maupun bisnis kecil. Agar Anda tidak kewalahan untuk membuat dan posting kontent setiap hari, penting sekali untuk menggunakan aplikasi yang dapat membantu mengotomatiskan kegiatan Anda. Jika Anda tahu apa yang ingin Anda promosikan, gunakan aplikasi untuk menjadwalkan konten yang akan Anda posting. Jika Anda ingin menghemat waktu dan mengotomatiskan jadwal posting di media sosial, Hootsuite dan Buffer adalah aplikasi paling populer untuk bisnis kecil. Aplikasi tersebut memberikan program free trial sehingga Anda kesempatan untuk mencoba secara gratis.

Pemasaran melalui media sosial adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Keunggulan pemasaran melalui media sosial adalah hemat biaya dan mudah digunakan. Jika Anda memiliki akun Facebook dan pernah berbagi, menyukai atau mengkomentar sebuah posting, Anda yakin mampu menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Mulai dengan cara sederhana dan fokus pada satu platform media sosial. Jika Anda belum melakukan pemasaran melalui media sosial, mulai hari ini. Beberapa customer akan membeli dari bisnis Anda jika mereka tahu Anda ada.

#2 - TERUS BELAJAR SAMPAI MENJADI AHLI

Sebagai pemilik usaha, seberapa banyak wawasan Anda tentang produk dan jasa Anda akan menjadi faktor penentu untuk hampir 1/3 dari semua customer Anda. Sebagian besar orang lebih suka membeli dari bisnis yang menunjukkan keahlian dan profesionalisme dalam produk yang dijual. Penting sekali untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk terus mendalami pengetahuan Anda. Ada banyak opsi yang dapat Anda coba untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang ilmu, teknologi, dan manfaat yang terkait dengan produk, layanan, dan industri Anda.

  • Live Webinar
  • Video Youtube
  • Seminar
  • Podcast
  • Audiobooks
  • Artikel

Meluangkan waktu setiap minggu untuk belajar adalah cara yang baik untuk memperluas wawasan Anda tentang nilai dibalik produk atau jasa Anda. Saat Anda memperoleh lebih banyak pengetahuan dan wawasan mendalam tentang bisnis Anda, Anda akan menjadi lebih mampu memposisikan bisnis Anda untuk bergerak dan menyesuaikan diri dengan tren yang muncul. Dengan mengikuti perkembangan yang berjalan, Anda memberi bisnis Anda keunggulan atas pesaing Anda.

Jika Anda siap untuk melanjutkan pembelajaran Anda ke tingkat selanjutnya, Anda bisa mulai dari beberapa situs berikut yang menawarkan program webinar online untuk pemilik bisnis kecil:

  • BizLaunch
  • SCORE
  • Small Business Expo

Tiga sumber ini dapat Anda temukan melalui pencarian Google.com dengan menggunakan kata kunci seperti "webinar", "article", atau "seminar", dan nama industri, produk, atau bisnis Anda. Gunakan waktu Anda untuk mempelajari lebih banyak wawasan tentang bisnis dan industri Anda. Hasilnya, setiap hari bisnis Anda akan semakin berkembang.

#3 - JAGA KOMUNIKASI PERSONAL

Mungkin sebagian dari bisnis Anda berbasis online, namun 38% pelanggan mengatakan mereka lebih pilih untuk membeli dari bisnis yang memberikan sentuhan personal pada layanan mereka daripada pengalaman belanja. Dengan adanya media sosial, semua bisnis, termasuk bisnis yang lebih kecil, dapat menjangkau pelanggan yang sama. Dan jika Anda termasuk bisnis kecil, Anda dapat merangkul pelanggan dengan memudahkan mereka untuk terhubung dengan orang yang nyata. Manfaatkan sejumlah aplikasi yang tersedia dan dapat dihubungkan ke ponsel Anda dan semua platform penjualan Anda. Contohnya termasuk web chat untuk situs bisnis Anda atau aktifkan pesan messenger pada Halaman Bisnis Facebook Anda. Periksa kembali dengan hosting web Anda (contoh: GoDaddy.com atau Wix.com) untuk mencari tahu apakah mereka menyediakan aplikasi web chat untuk ditambahkan di website Anda.

Setelah Anda mengaktifkan aplikasi seperti web chat atau messenger, pastikan Anda menyalakan notifikasi di ponsel Anda. Dengan begitu, Anda akan segera diberitahu ketika seorang pengunjung melihat website Anda atau jika ada yang meninggalkan pertanyaan di Halaman Bisnis Facebook Anda. Anda juga dapat segera membalas dari ponsel Anda, menjawab pertanyaan customer, atau follow up dengan telepon jika perlu. Hasilnya, Anda juga meningkatkan kemungkinan customer Anda berbelanja pada saat itu juga.

ANDA BISA SUKSES SEBAGAI PEMILIK BISNIS

Sebagai Business Owner LifePharm, kami menyediakan berbagai sarana aplikasi untuk membantu Anda menerapkan tips-tips yang diberikan tadi:

  • LifePharm Share App: Independent Business Owner bisa memasarkan bisnis mereka di media sosial dengan sumber daya online LifePharm seperti konten video, testimoni dan post yang dapat diakses di LifePharm Share Apps secara gratis. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Apple dan Android.

  • Sumber Daya Online: Jika Anda ingin mendalami keahlian Anda tentang produk dan peluang bisnis, kami menyediakan sumber daya online yang dapat diakses oleh seluruh IBO dari virtual office masing-masing. Sumber daya online ini meliputi artikle, brosur produk dan referensi yang menjelaskan tentang ilmu dan manfaat di balik produk LifePharm.

  • Live Webinar: LifePharm juga menyediakan pelatihan live webinar setiap bulan sebagai cara untuk menyediakan sumber pelatihan yang berkelanjutan. Pastikan Anda mengikuti update acara mendatang atau cukup follow Facebook LifePharm Indonesia untuk mendapatkan notifikasi otomatis.