Kesehatan

Menjaga dan Mengatur Agar Tidak Stres


Dengan semua yang terjadi di dunia saat ini, banyak dari kita mungkin mengalami stres. Karena bulan ini adalah April, yang juga merupakan Bulan Kesadaran Stres, kami ingin membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyebab dan solusi stres. Stres tidak bisa dihindari; stres selalu ada di sekitar kita setiap hari. Namun, cara kita memilih untuk bereaksi terhadap stres yang akan mempengaruhi kesehatan kita.

Beberapa cara untuk mengurangi stres sehari-hari meliputi:

  1. Latihan yoga dan meditasi
  2. Menghindari kafein, alkohol, dan nikotin
  3. Tidur yang cukup
  4. Berbicara dengan orang dekat
  5. Beristirahat
  6. Coba LAMININE


Yoga dan Meditasi

Yoga adalah latihan pikiran dan tubuh yang merupakan kombinasi dari pose tubuh, pernapasan yang terkontrol, dan meditasi atau relaksasi. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, dan juga meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. (Catatan: Jika Anda memiliki kondisi kesehatan, silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum berlatih yoga).

Kafein, Alkohol, dan Nikotin

Banyak orang beralih ke kafein agar tetap terjaga, dan nikotin dan alkohol membantu menenangkan diri. Tetapi karena kafein dan nikotin adalah zat stimulan, sebenarnya dapat meningkatkan tingkat stres Anda daripada menguranginya. Alkohol adalah depresan ketika dikonsumsi dalam jumlah besar, dan merupakan stimulan ketika dikonsumsi dalam jumlah kecil. Menggunakan alkohol sebagai cara untuk menghilangkan stres sangat tidak efektif. Gantikan alkohol dan minuman berkafein ke air, teh herbal, atau jus buah alami. Minuman ini akan membantu Anda tetap terhidrasi, sekaligus membantu tubuh Anda mengatasi stres dengan lebih baik.

Tidur Yang Cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan stres. Penting bagi Anda untuk bisa relaksasi sebelum tidur, sehingga Anda bisa mendapatkan istirahat yang lebih baik. Hindari kafein di malam hari, karena ini bisa membuat Anda lebih sulit untuk tertidur dan bahkan mengganggu tidur Anda. Mandi air hangat dan membaca juga dapat membantu Anda rileks dan melelahkan mata sebelum tidur.

Berbicara Dengan Orang Dekat

Alih-alih menyimpan hal-hal untuk diri sendiri dan membiarkan stres Anda menumpuk, cobalah berbicara dengan seseorang yang dapat Anda percayai. Menyuarakan pendapat Anda tentang perasaan Anda kepada seseorang dapat membantu menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres. Melakukan percakapan dengan orang lain dan mendapatkan pendapat mereka dapat membantu menempatkan masalah dan pikiran Anda ke dalam perspektif yang lebih baik.

Istirahat Sejenak

Jika Anda merasa stres, istirahat sejenak untuk rileks dan refresh. Berjalan-jalan di luar dapat membantu Anda menjernihkan pikiran dari kesulitan Anda. Bernafas dengan dalam juga dapat membantu mengurangi stres, karena dapat meningkatkan pasokan oksigen ke otak Anda dan merangsang sistem saraf parasimpatis untuk meningkatkan relaksasi. Napas dalam lebih efektif ketika kita bernapas melalui perut bukan dada. Cara yang baik untuk melatih ini adalah dengan meletakkan satu tangan di perut Anda dan tangan lainnya di dada Anda. Saat menarik napas dalam-dalam, perut Anda harus mengembang ke luar sementara dada Anda tetap diam. Berlatih pernapasan perut sepanjang hari dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres.

Coba LAMININE

Ketika kita merasa stres, tubuh kita melepaskan hormon stres yang disebut kortisol. Menjaga kadar kortisol kita rendah akan membantu mengurangi stres. Selain mempraktikkan lima solusi di atas, mengonsumsi suplemen yang tepat juga dapat menurunkan kadar kortisol Anda. LifePharm menawarkan produk yang disebut LAMININE yang dapat menurunkan kortisol. LAMININE telah terbukti dalam penelitian ilmiah untuk menurunkan kadar kortisol rata-rata 23,7%.

Sumber:
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/yoga/art-20044733
https://smokefree.gov/challenges-when-quitting/cravings-triggers/anxiety-smoking
https://www.skillsyouneed.com/ps/stress-tips.html
https://www.pdr.net/full-prescribing-information/Laminine-fertilized-avian-egg-extract-marine-protein-phyto-protein-3591
https://www.stress.org/take-a-deep-breath