Kesehatan

Gejala dan Terapi Asam Urat


Asam urat adalah kelainan yang terjadi akibat penumpuk anasam urat pada jaringan atau sendi. Penyakit ini paling sering menyerang jempol kaki dan menyebabkan penderita merasa sakit dan nyeri yang tidak tertahankan. Mengapa ujung kaki? Penyakit asam urat merupakan penyakit yang sensitif terhadap suhu, pada suhu dingin asam urat akan mengkristal. Jari kaki dianggap merupakan bagian terjauh dan terdingin dari tubuh sehingga Kristal asam urat mudah terjadi dan menyebabkan nyeri.

Serangan asam urat dapat menimbulkan gejala yang menyengsarakan bagi penderitanya, terutama ketika serangan dengan rasa nyeri yang hebat datang tiba-tiba di saat tengah malam. Gejala penyakit asamurat juga sering ditandai dengan peradangan, seperti kemerahan, bengkak dan hangat di atas sendi-sendi yang rawan terserang asam urat.

Apa penyebab asam urat?

Gejala peningkatan asam urat pada individu umumnya disebabkan oleh beberapa faktor utama.


  1. Peningkatan konsumsi makanan mengandung purine.

    • Makanan laut, seperti udang, kepiting, kerang

    • Ikan teri dan ikan sarden

    • Daging Merah

    • Daging organ, seperti Hati & Limpa

  1. Peningkatan Produksi Purine.

    • Konsumsi minuman sirup jagung dengan kandungan fruktosa tinggi

  1. Penurunan Eliminasi Asam Urat.

    • Dehidrasi akibat kurang minum air

    • Konsumsi Alkohol

  1. Obesitas dan Diabetes


  1. Efek Kemoterapi dan Radiasi


  1. Predisposisi Genetik


  1. Obat-obatanseperti Thiazide dan Aspirin



Mitos Atau Fakta

  1. Hanya orang obesitas yang bisa kena asam urat.

  2. Ini susahnya jadi orang gemuk, selalu duluan didiagnosis. Jangan bersedih, karena sama seperti penyakit lainnya, kadar asam urat tinggi berpengaruh kepada orang yang gemuk dan kurus. Akan tetapi, menurut pendapat Dr. John Reveille, Direktur Bagian Rheumatologi di University of Texas Health Science Center, “Setiap orang tidak luput dan memiliki risiko menderita asam urat. Meskipun begitu, penderita obesitas dan berat badan lebih cenderung beresiko lebih tinggi.”


  3. Nyeri Akibat Asam Urat Selalu Menyerang Jempol Kaki.

  4. Ternyata pernyataan ini adalah mitos. Meskipun nyeri asam urat seringkali menyerang jempol kaki, rasa nyeri itu dapat menyerang di bagian sendi lain seperti lutut dan pergelangan kaki. Mengapa sering menyerang jempol kaki? Penyakit asam urat merupakan penyakit yang sensitive terhadap suhu. Saat suhu rendah, asam urat berubah menjadi Kristal. Jempol kaki merupakan bagian yang paling jauh dari jantung, karena itu jempol kaki menjadi bagian terdingin dari tubuh dan seringkali menjadi target serangan asam urat.




  5. Asam urat adalah penyakit turunan.

  6. Ini adalah fakta. Kecenderungan penumpukan asam urat seringkali diturunkan. Salah satu penyebab peningkatan asam urat adalah karena peningkatan konsumsi makanan yang mengandung purine. Kemampuan tubuh dalam memecah purin pun bervariasi pada setiap individu. Purin merupakan bagian dari DNA, sehingga kemampuan metabolism purin bersifat genetik dan dipercaya menjadi alasan mengapa penyakit asamurat dapat diturunkan.


  7. Asam urat merupakan penyakit seumur hidup.

  8. Banyak orang yang beranggapan bahwa asam urat merupakan penyakit seumur hidup. Namum anggapan ini hanyalah mitos. Faktor yang menentukan kambuh atau tidaknya asam urat sangat bergantung dengan pola hidup dan jenis makanan yang dikonsumsi. Selama Anda menjalankan pola hidup baik dan diet yang seimbang, peluang asam urat untuk kambuh lagi akan menjadi rendah.


Terapi dan Pencegahan Asam Urat

Terapi inisial untuk serangan asam urat meliputi:

  1. Obat-obatan medis, termasuk injeksi dan obat yang diresepkan untuk mengobati nyeri, bengkak dan radang.

  2. Restriksi makanan. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar purin yang tinggi karena tubuh kita akan mengkonversi purin menjadi asam urat. Kurangi konsumsi kopi dan Vitamin C yang terlalu banyak karena dapat memperlambat proses eliminasi purin.

  3. Memperbanyak konsumsi cairan. Usahakan minum air lebih banyak dan hindari minuman alkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi.


  4. Immobilisasi dan elevasi sendi. Hindari berjalan dan berdiri terlalu lama agar Anda dapat mengistirahatkan bagian tungkai bawah dan posisikan kaki lebih tinggi untuk mengurangi bengkak.


Gejala dan proses inflamasi asam urat umumnya akan sembuh dalam 3 hingga 10 hari dengan terapi. Apabila gejala asam urat tetap berlanjut, kontrol kedokter Anda agar diberikan obat resep atau dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Manfaat Laminine bagi Penderita Asam Urat


Laminine merupakan suplemen yang mengandung ektrak telur yang difertilisasi dan mengandung marine protein, phyto protein dan 22 asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh. Laminine mengandung FGF2 yang berfungsi sebagai ‘stem cell activator’ yang melindungi sel dari radikal bebas, dimana kadar asam urat seringkali disamakan dengan kadar stresoksidatif.

Selain itu Laminine juga mengandung TGF yang merupakan ‘anti-inflammatory cytokine’ yang berfungsi mempercepat penyembuhan radang pada asam urat. Manfaat ini banyak dirasakan oleh pengguna Laminine karena insiden nyeri sendi berkurang dari segi periode hingga intensitasnya setelah penggunaan Laminine selama minimal 4 minggu.