Ilmu Pengetahuan

Cara Memperlambat Efek Penuaan, Menurut Sains

Umur Lebih Sehat dengan Mempertahankan Panjang Telomer Sehat

Seiring bertambahnya usia, sebagian besar dari kita ingin:

1. Jalani hidup yang panjang dan sehat

2. Hindari penyakit dan penyakit yang menyertai penuaan

Untungnya, penelitian ilmiah terbaru menunjukkan bahwa Anda dapat menua lebih sehat dengan mempertahankan panjang telomere yang lebih lama. Dengan pemahaman yang berkembang tentang telomer dan enzim yang disebut telomerase, banyak penelitian mengungkapkan cara alami untuk mempertahankan panjang telomer yang sehat. Pertama-tama mari kita telusuri apa itu telomer, bagaimana mereka mempengaruhi penuaan dan bagaimana Anda secara alami dapat mempertahankan panjang telomer untuk mengurangi efek penuaan.

APA ITU TELOMERE?

Belum pernah mendengar tentang telomer sebelumnya? Tidak apa-apa, kebanyakan dari kita belum. Cara paling sederhana untuk menggambarkan telomere adalah analogi tali sepatu: telomere mirip dengan topi di ujung tali sepatu. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi DNA dalam 23 pasang kromosom Anda. Ini mencegah satu ujung kromosom dari fusi ke kromosom lain.

BAGAIMANA TELOMERE MEMPENGARUHI PENUAAN?

Telomere secara alami memendek seiring bertambahnya usia. Ini karena telomer menjadi lebih pendek setiap kali sel membelah. Begitu sebuah sel mencapai titik ketika telomernya menjadi sangat pendek dan tidak bisa lagi membelah, ia berhenti mereplikasi sama sekali dan memasuki keadaan yang disebut penuaan. Sel yang mencapai kondisi ini dianggap sel tua yang sekarat. Sel-sel dalam panjang telomer yang lebih pendek serta sel-sel yang menjadi rusak karena penuaan dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu.

Meningkatkan Aktivitas Telomerase adalah Kunci untuk Memperlambat Efek Penuaan
HUBUNGAN ANTARA PANJANG TELOMERE DENGAN TELOMERASE

Telomerase adalah enzim yang mengaktifkan pertumbuhan telomer dan memperpanjang umur sel. Enzim inilah yang membantu sel memperbaiki dan mempertahankan panjang telomer saat mereka membelah. Dengan peningkatan pemahaman tentang bagaimana enzim ini terlihat, suplemen dan obat suatu hari dapat dirancang untuk meningkatkan aktivitas telomerase. Jika aktivitas telomerase yang ditargetkan dapat ditingkatkan dengan bantuan obat-obatan atau suplemen gizi, maka pada akhirnya akan mungkin untuk secara drastis menurunkan kejadian penyakit dan penyakit yang berkaitan dengan usia.

Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk merancang obat yang dapat menargetkan mengaktifkan aktivitas telomerase dalam sel tertentu. Kemajuan yang signifikan tampaknya berada di cakrawala berkat foto-foto telomerase resolusi tinggi baru-baru ini, yang membantu para peneliti mengidentifikasi bagian-bagian dari telomerase yang dapat mereka targetkan dengan obat-obatan.

CARA ALAMI MENJAGA PANJANG TELOMERE

Percaya atau tidak, cara Anda menjalani hidup Anda memiliki dampak langsung pada usia Anda. Dengan mengadopsi dan mempertahankan gaya hidup sehat, Anda dapat meningkatkan seberapa baik yang Anda rasakan saat ini dan seberapa baik yang akan Anda rasakan seiring bertambahnya usia.

Kami telah menyusun daftar atas 3 cara alami yang terbukti secara ilmiah menjaga panjang telomer sehat. Lihat di bawah ini:

1. Ambil Suplemen

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen dapat membantu memperpanjang telomer Anda. Ketika LifePharm diluncurkan 8 tahun yang lalu, LAMININE adalah suplemen nutrisi pertama yang ditawarkan kepada konsumen. Rafael Gonzalez dan timnya di laboratorium DaVinci Biosciences di Loma Linda, California melakukan penelitian untuk menentukan manfaat dan efektivitas LAMININE. studi 90 hari mengungkapkan bahwa LAMININE mendukung aktivitas telomerase dan dapat memperpanjang panjang telomer Anda. Penting untuk dicatat bahwa subjek yang menggunakan LAMININE tidak mengubah diet atau kebiasaan gaya hidup mereka, tetapi masih menunjukkan bukti pemanjangan telomer. Bahan-bahan LAMININE termasuk Ekstrak Telur Burung, Pupuk laut, dan protein phyto. Protein bio-faktor seperti FGF-2 hanya dapat ditemukan dalam ekstrak telur yang digunakan dalam suplemen ini. Ini adalah bahan utama yang dipercaya mendukung pengembangan sel yang sehat.

2. Makan Diet Seimbang yang Sehat

Anda mungkin ingin mempertimbangkan mencoba Diet Mediterania. Satu studi disebut Studi Kesehatan Perawat menyimpulkan bahwa Diet Mediterania dikaitkan dengan panjang telomer yang lebih panjang. Diet Mediterania dianggap efektif karena pengaruhnya terhadap tingkat stres oksidatif dalam tubuh Anda. Stres oksidatif disebabkan oleh ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh Anda. Mereka dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lemak, DNA dan protein Anda. Seiring waktu, kerusakan ini dapat menyebabkan berbagai penyakit. Diet Mediterania terbukti efektif dalam melindungi DNA Anda (dan melindungi kesehatan telomer Anda) dari stres oksidatif karena menawarkan makanan yang kaya antioksidan yang menjaga radikal bebas dari kelebihan populasi tubuh Anda. 

Menurut Elissa Epel, salah satu penulis penelitian yang mengeksplorasi hubungan antara diet dan panjang telomere, diet apa pun yang kaya akan antioksidan menciptakan lingkungan biokimia yang menguntungkan bagi telomer. Keempat diet yang ditinjau dalam penelitian ini adalah Diet Mediterania (disebutkan di atas), diet DASh, Indeks Makan Sehat dan Indeks Makan Sehat Alternatif. Setiap diet menekankan banyak makan buah, sayuran, biji-bijian dan protein nabati.

3. Berolahraga secara teratur

Sudah diterima secara universal bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan Anda. Ini membantu mengurangi stres, meningkatkan istirahat, membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan dapat membantu menjaga panjang telomer yang sehat.. Menurut temuan dari studi yang dilakukan oleh NHANES (Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional) , orang dewasa yang berolahraga secara teratur memiliki manfaat 9 tahun lebih sedikit mengalami penuaan seluler dibandingkan mereka yang memiliki olahraga sedang hingga rendah. Mereka menyimpulkan jelas bahwa orang dewasa yang memiliki aktivitas fisik tingkat tinggi memiliki telomer yang lebih lama daripada mereka yang tidak terlalu banyak berolahraga.

MULAI MENINGKATKAN KESEHATAN ANDA HARI INI

Seperti yang Anda lihat, ada cara hari ini Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dan mengelola efek penuaan dengan lebih baik. Sekarang setelah Anda tahu lebih banyak tentang telomer, perannya dalam kesehatan Anda seiring bertambahnya usia dan bagaimana Anda dapat membuatnya lebih sehat lagi, akankah Anda mengambil langkah selanjutnya untuk melindungi kesehatan telomer Anda? Meningkatnya risiko penyakit yang menyertai penuaan adalah kejadian alami yang harus dihadapi setiap orang. Tanpa ragu, cara terbaik untuk memerangi penuaan adalah melalui pencegahan dengan menjalani gaya hidup sehat yang mencakup makan makanan seimbang. Jadi cantumkan daftar cara kami untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan telomer agar dapat digunakan dengan baik dan mulailah perjalanan penuaan Anda hari ini!